Friday 24 March 2017

PANTAI TANJUNG RINGGIT DI LOMBOK

PANTAI TANJUNG RINGGIT DI LOMBOK



 sumber foto: koleksi Ian Gatra

  
Pantai Tanjung Ringgit terletak di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Lokasinya cukup tersembunyi sehingga kamu wajib punya jiwa petualang karena untuk mencapai tempat ini akan menguras banyak energi. Sampai sekarang juga belum ada transportasi umum yang langsung menuju lokasi sehingga kamu disarankan menyewa kendaraan. Satu lagi, senjata utama yang bisa kamu andalkan untuk bisa sampai ke Tanjung Ringgit apalagi kalau bukan bertanya pada masyarakat lokal karena tempatnya yang lumayan jauh.


 sumber foto: koleksi Ian Gatra

Bila kita memulai perjalanan dari Kota Mataram, jarak yang ditempuh sekitar 85 km dan memerlukan waktu sekitar 3,5 jam perjalanan. Akses jalan yang belum tertata dengan baik dan beberapa titik yang masih berdebu juga menuntut kamu punya stamina yang fit. Tapi, semua penat yang kamu rasakan saat berkendara menuju ke Tanjung Ringgit Lombok langsung menguap setelah melihat hamparan pasir pantai berwarna putih dengan air lautnya yang terlihat begitu indah.


 sumber foto: koleksi Ian Gatra

Pantai Tanjung Ringgit ini tidak hanya memamerkan keindahan alamnya saja lho, karena buat kamu yang suka dengan sejarah perjuangan bangsa, tempat ini punya peninggalan bersejarah yang layak banget untuk dikunjungi. Tak jauh dari bibir tanjung, kamu bisa temukan meriam peninggalan bangsa Jepang yang sudah berumur tua dan terlihat sudah berkarat.

Tidak hanya itu, tempat yang dulu dikuasai oleh Belanda dan Jepang ini juga meninggalkan tempat bersejarah berupa gua, yaitu Goa Besar yang lokasinya ada di bagian timur Tanjung Ringgit. Gua ini dulunya digunakan oleh penjajah untuk bersembunyi. Kini, traveler yang datang ke Tanjung Ringgit Lombok pun dapat menelusuri jejak bersejarah saat Indonesia berusaha merebut dan mempertahankan kemerdekaan.
  

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments