Wednesday 10 January 2018

WISATA PULAU KENAWA, SUMBAWA BARAT

WISATA PULAU KENAWA, SUMBAWA BARAT


Sumber Foto:  Bang IG. Sandhika

Pulau Kenawa, adalah sebuah pulau kecil yang terletak diantara pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, lebih tepatnya berada di Kabupaten Sumbawa Barat Propinsi Nusa Tenggara barat. Saat ini pulau Kenawa sudah menjadi salah satu destinasi wisata di Pulau Sumbawa, setelah foto-fotonya begitu viral di media sosial dan media elektronik. Salah satu daya tariknya adalah pulau ini terletak diperairan yang biru dan jernihserta hamparan padang rumput yang hijau. Terdapat bukit kecil ditengah pulau semakin membuat terpesonanya ketika mata memandang.

Sahabat traveller, untuk mencapai Pulau Kenawa, yang penting anda sudah sampai Pulau Lombok dulu, tentunya sudah gampang saat ini karena penerbangan sudah lancar melalui BIL (Bandara International Lombok, setelah itu kita bisa memulai perjalanan dari Kota Mataram sebagai ibukota propinsi NTB, untuk menuju pelabuhan Kayangan di Lombok Timur yang lama perjalanannya ditempuh sekitar 2 jam untuk sampai disana. Kemudian dilanjut menyeberang menggunakan Kapal ferry untuk menuju Pelabuhan Poto Tano di Kabupaten Sumbawa Barat dengan harga tiket sekitar Rp.20.000,-/orang. Setelah sampai di Pelabuhan Poto Tano, kita bisa menemui nelayan-nelayan stempat yang sudah siap menyewakan kapal untuk mengantarkan kita menuju Pulau Kenawa, dengan biaya sekitar Rp.250.000 s.d Rp.300.000,- /perahu dengan kapasitas sekitar 10 orang (pergi-pulang) dan ditempuh selama 20 s.d 30 menit untuk menyeberang menuju Pulau Kenawa.

Sumber Foto: Bang VM. Risnawan

Pulau Kenawa adalah pulau tak berpenghuni, sehingga jika kita berniat untuk bermalam di Pulau ini, kita diharuskan membawa peralatan kemah, karena tidak ada fasilitas penginapan atau hotel, namun itulah keunikannya. Persiapkan Logistik dan obat-obatan serta jangan lupa bawa lotion obat nyamuk.  Kita bisa merasakan suasana hidup bebas dialam bebas sebuah pulau, satu-satunya fasilitas yang ada, ialah terdapat beberapa saung yang dapat digunakan untuk beristirahat. Ketika pulau sangat sepi, seakan kita berada di pulau pribadi, dimana bebas menikmati keindahan alam yang ada, menyusuri padang savana dengan rumput terhampar luas menghijau. Tetapi bila memasuki musim kemarau rumput-rumput berubah menjadi kekuningan, dan tetap memiliki keunikan tersendiri bila dipandang mata.

Sumber Foto: Bang Darwin M.

Hal lain yang juga menarik adalah kita juga dapat melakukan tracking menaiki bukit, sehingga dapa memandangt menikmati seluruh bagian pulau. Sore hari adalah waktu yang terbaik untuk mendaki bukit, pemandangan sunset akan memancarkan warna orange di langit. Di kejauhan nampak samar-samar gagahnya Gunung Rinjani, dan beberapa pulau-pulau kecil melengkapi indahnya panorama alam. Kita bisa berjalan sampai kebagian barat pulau, dimana terdapat hutan mangrove yang masih alami. Selain itu bisa juga kita nikmati keindahan bawah lautnya yang masih asli dan asri. Pasir pantainya yang putih dan alami tentunya sangat menarik untuk bermain disana, yang perlu dijaga kebersihannya dengan membuang sampah pada tempatnya.

Setelah anda puas menikmati keindahan obyek wisata Pulau Kenawa, tidak ada salahnya bila menyempatkan diri, berkunjung ke obyek wisata alam yang lain di Pulau Sumbawa ini, terutama di kabupaten Sumbawa, yang jaraknya sekitar 92.9 Km. Dan bisa ditempuh selama 1 jam 58 menit saja dari Pelabuhan Poto Tano untuk sampai di Kota Sumbawa Besar. Disana masih banyak wisata alam yang asri dan perawan, menunggu kedatangan anda. Bila anda tertarik, silahkan berkunjung menikmati destinasi wisata-wisata alam di Pulau Sumbawa ini. Wassalam.


Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

This Is The Newest Post
Comments